Mengukur Ketebalan Body Mobil Dengan Ultrasonic Thickness Gauge TIME 2170

Ultrasonic Thickness Gauge merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan dengan menggunakan teknologi terkini yaitu dengan gelombang ultrasonic. Ultrasonic Thickness Gauge banyak digunakan oleh pelaku industri karena penggunaannya yang sangat mudah tidak termasuk alat destructive test atau yang dikenal adalah alat pengujian dengan cara merusak. Alat pengukur ketabalan atau ultrasonic thickness gauge ini memiliki dua fungsi.

Alat ukur ketebalan ini bisa mengukur ketebalan benda ataupun bahan-bahan yang bisa menghantarkan gelombang ultrasonic dengan bagus mulai dari ketebalan 1 hingga kebetalan 200mm atau setara 0,5 hingga 8 inch. Frekuensi yang diasosiasikan dengan gelombang ultrasonic pada aplikasi elektronik dihasilkan oleh getaran elastis dari sebuah kristal kuarsa yang diinduksikan oleh resonans dengan suatu medan listrik bolak-balik yang dipakaikan  (efek piezoelektrik). Gelombang ultrasonic terkadang menjadi tidak periodik yang dikenal dengan anam derau (noise), dimana bisa dinyatakan sebagai superposisi gelombang-gelombang periodic.

Ultrasonic thickness gauge mampu melakukan pengukuran dengan cara memakai pengukuran kecepatan suara yang berfrekuensi mulai dari 500 hingga 900 m/s serta bisa berubah 10 m/s dan 100/s secara bertahap. Tidak hanya itu saja ultrasonic thickness gauge bisa mengukur ketebalan material lainnya yang berbeda dengan kecepatan ultrasoniknya.

Penggunaan Ultrasonic Thickness Gauge di Bidang Automotive



Ultrasonic Thickness Gauge dapat digunakan di Industri automotive salah satunya industri mobil ternama yang ada di Asia BMW. Penggunaan ultrasonic thickness gauge yaitu bertujuan untuk mengukur ketebalan dari body atau kerangka pada mobil tersebut. Mobil sekelas BMW tidaklah asal jika membuat sebuah mobil dan harus melewati serangkaian pengecekan pengukuran dll. Salah satu yang diperhatikan adalah body mobil. Body mobil haruslah di perhatikan sebab bagian ini merupakan faktor penting keselamatan bagi penumpang yang ada di dalam mobil.


Sebelum mobil di pasarkan, body mobil harus diperiksa ketebalannya terlebih dahulu, apakah sudah sesuai standar atau blm. BMW melakukan pengukuran ketebalan pada body mobil nya dengan menggunakan produk TIME Ultrasonic Thickness Gauge 2170 yang sangat akurat dalam memberikan penilaian terhadap ketebalan body mobil. BMW mempercayakan pengukuran body mobilnya dengan menggunakan TIME karena pengukurannya yang akurat dengan menggunakan sensor ultrasonic dan penggunaannya yang mudah serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Ultrasonic Thickness Gauge TIME 2170

The principle of Ultrasonic Thickness Gauge is ultrasonic pulse reflection. The pulse was reflected back to the probe when the ultrasonic pulse sent by the probe reaches the material interface through the tested object. We can get the thickness of the measured material based on the accurate time that the ultrasonic transits in the material. Time Ultrasonic Thickness Gauge series are non-destructive testing instrument integrated with modern scientific electronic and measuring technology. They are equipped with microcomputers that can analyze, handle and display the current data. Furthermore, they are integrated with highly optimized measuring circuit, which makes them have the advantage of high measurement accuracy, wide measurement range, being easy to operate, stable working and so on. TIME2170 ultrasonic thickness gauge is an instrument with the advantage of being easy to operate and precise testing result. It can be used for the testing of thin workpieces and high-accuracy survey of both metal and non-metal materials.

Fitures :
  • Especially suitable for testing thin workpieces while keeping high accuracy
  • I-E testing mode and E-E testing mode
  • Sound velocity calibration and single point calibration
  • Sound alarm and differential mode are available
  • Free conversion between metric and imperial
  • Up to 500 data can be stored, reviewed and deleted
  • Backlight and adjustable contrast
  • Result can be print out and transfer to PC

Measuring range0.15~20mm
Display resolution0.001 mm and 0.01 mm selectable
Sound velocity range1000m/s~9999m/s
Operating temperature0~40?
Dimension(mm)152× 74× 35
Weight(g)220
Power supplyAA batteries 1.5V(2 Pcs)
Previous
Next Post »